PENGARUH PENGGUNAAN BUSI IRIDIUM SC16HR11, LIBEN PLATINUM LZKAR6X DAN DURATION DOUBLE IRIDIUM LDR7TD1 TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOBIL AVANZA 1300 CC TAHUN 2016

Ruspita Sihombing, Martin Surya Putra, Ani Fatmawati, Samen Lolongan

Abstract


Pembakaran yang tidak sempurna pada ruang bakar membuat mesin mobil menjadi tersendat-sendat. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah tertutupnya elektroda busi akibat tumpukan karbon. Sehingga diperlukan adanya busi yang mempunyai elektroda yang tahan terhadap panas dan tidak membuat tumpukan karbon. Penelitian dengan judul “Pengaruh Penggunaan Busi Iridium SC16HR11, Liben Platinum LZKAR6X dan Duration Double Iridium LDR7TD1 Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Mobil Avanza 1300 CC Tahun 2016”, memiliki rumusan masalah bagaimana memilih jenis busi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis busi yang tepat, agar menghasilkan  pembakaran yang sempurna dan konsumsi bahan bakar menjadi irit. Dalam penelitian ini metode yang dipakai adalah eksprimen yang selanjutnya dianalisa dengan analisis deskriptif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah Busi Iridium SC16HR11, Liben Platinum LZKAR6X dan Duration Double Iridium LDR7TD1.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada semua variasi putaran mesin  konsumsi  bahan  bakar  yang  terendah didapatkan  pada  busi  Denso Iridium SC16HR11    mencapai  16,87 ml/menit  pada putaran 800 rpm. Sedangkan konsumsi  bahan  bakar yang tertinggi adalah  busi Liben Platinum LZKAR6X   mencapai  44,38 ml/menit pada putaran 3000 rpm. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan busi Denso Iridium SC16HR11 dalam mengkonsumsi bahan bakar lebih irit dibandingkan dengan busi Liben Platinum LZKAR6X dan busi Duration Double Iridium LDR7TD1.


Full Text:

PDF

References


. W, Penggerak Mula Motor Bakar Torak, Bandung: ITB (2005)

Buntarto, Perawatan Motor Bensin, Semarang: Gama. (2002)

Buntarto, Dasar-Dasar Sistem Kontrol Pada Kendaraan, Yogyakarta: PT Pustaka Baru.(2015)

Feri Kustiawan, Analisa Variasi Busi Terhadap Perform Motor Bensin 4 Langkah, Tugas Akhir, UMS, Surakarta. (2016)

Prabowo, Y., Pengaruh Pemotongan Kepala Silinder terhadap Unjuk Kerja dan Konsumsi Bahan Bakar pada Mesin Sepeda Motor Honda Astrea, Tugas Akhir, UMS, Surakarta. (2006)

Setyawan, H., Peningkatan unjuk Kerja Mesin Bensin 4 Langkah dengan Penggunaan Busi Splitfire SF392D dan Kabel Busi Hurricane, Tugas Akhir, UMS, Surakarta. (2000)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.