MENERAPKAN GUIDED WRITING PADA TEKS NARASIUNTUK MENINGKATKAN WRITING SKILL MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

Elisabeth Milaningrum, Lilik Damayanti, Abdul Gafur

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah teknik penulisan terpandu dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa, (2) untuk mengetahui gambaran mengenai situasi saat teknik menulis terpandu diterapkan dalam kelas menulis.Dalam penelitian ini, peneliti mengajarkan menulis dengan menggunakan teknik penulisan terpandu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus.Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif.Data kualitatif diperoleh dari observasi, wawancara, analisis uji, dan foto. Data kualitatif didukung oleh data kuantitatif yang merupakan skor rata-rata tes tertulis dari pre test dan post test. Prosedur penulisan terpandu terdiri dari model paragraf, pertanyaan pemahaman, latihan berbasis bahasa, komposisi lisan, dan komposisi tertulis.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) mengajar menulis dengan menggunakan teknik penulisan terpandu dapat meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. (2) situasi proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan sebagian besar mahasiswa terlibat dalamnya. Peneliti menemukan bahwa mahasiswa menunjukkan peningkatan seperti mampu membuat kalimat dengan benar. Dalam hal ini, kalimat-kalimat yang disusun berdasarkan pada contoh dan penjelasan yang telah disampaikan oleh peneliti nahasiswn dan mahasiswa dapat menggunakan beragam kosa kata dalam tulisan. 


Full Text:

PDF

References


Hedge, Tricia. “Writing”, New York (1998): 11

Burn, Anne. “Collaborative Action Research for English Language Teacher”, Cambridge (1999) : 32

Reid, Joy M. ”Teaching ESL Writing”, United States of America (1993): 26

Doff, Adrian. “Teach English”, Cambridge. (1997): 82

Gower, Roger, Diane Phillips, Steve Walters. ”Teaching Practice Handbook”, London (1995): 155

Byrne, Don. “Teaching Writing Skill”, London (1996) : 156


Refbacks

  • There are currently no refbacks.