Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Pelaksanaan Bimbingan Kejuruan dan Dukungan Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Swasta di Kabupaten Bantul

Ria Setyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesiapan kerja siswa SMK Swasta di Kabupaten Bantul dan pengaruh pengalaman praktik kerja industri, pelaksanaan bimbingan kejuruan, dan dukungan keluarga baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa di Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bantul.Sampel sebanyak 256 siswa ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert 4 alternatif jawaban.Validitas dan reliabilitas angket sebelum digunakan untuk mengambil data penelitian. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan analisis regresi ganda dengan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Penelitian ini menghasilkan lima temuan. Pertama, kesiapan kerja siswa SMK swasta di Kabupaten Bantul sebanyak 61% termasuk kategori rendah. Kedua, pengalaman praktik kerja industri berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja siswa. Ketiga, pelaksanaan bimbingan kejuruan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja siswa. Keempat, dukungan keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja sisawa. Kelima, secara simultan pengalaman praktik kerja industri, pelaksanaan bimbingan kejuruan, dan dukungan keluarga hanya berkontribusi 28,7% terhadap kesiapan kerja siswa SMK swasta di Kabupaten Bantul.


Keywords


kesiapan kerja, praktik kerja industri, bimbingan kejuruan, dukungan keluarga

Full Text:

PDF

References


Chaplin,J.P(2006).KamusLengkapPsikologi.(TerjemahanKartiniKartono). Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada. (Bukuasliditerbitkantahun 1989).

Clarke, L, & Winch, C (2007).Vocational Education: International Approaches, Development and System. Routledge Taylor & Prancis Group, London

Dalyono.(2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Evans, R. N. & Edwin, L. H. (1978).Foundation of vocational education.Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company.

Finch, Curtis R, and Crunkilton, John R. (1999).Curriculum Development in Vocational and Technical Education: Planning, Conten, and Implemntation (5thed.). Boston: Allyn and Bacon

Korth. J. A. (1973). Counseling Psycology And Guidance; an Overview In Out Line :Charles C. Thomas Publisher.

Lawrence M, Brammer and Everett L. Shostrom. (1982). Therapeautic Psychology.Fudamentals of Counseling and Psychohotherapy.Englewood Cliffs.Prentice- Hall,INC.

Masriam Bukit. (2002). Beberapa Masalah Dalam Implementasi Pendidikan Sistem Ganda Di SMK. Jakarta: Depdiknas.

Prayitno.(1999). PelayananBimbingandanKonseling SMU, Buku Bab III. Jakarta. PenebarSwadaya




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v2i1.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Web
Analytics Visitor Stats

JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License