Pengembangan Model Pembelajaran Adaptive Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk

Muhammad Qomarudin, Mustafa Mustafa, Mochamad Abdul Basir

Abstract


Setiap anak memiliki potensi atau bakat yang berbeda, untuk mengoptimalkan bakat menjadi prestasi perlu program pendidikan dan latihan, kesempatan, sarana dan prasarana hingga dukungan dari keluarga sehingga potensi tersebut tidak hanya menjadi bakat terpendam. Sumber kecerdasan seseorang adalah kebiasaannya untuk membuat produk-produk baru yang punya nilai budaya (kreativitas) dan kebiasaannya menyelesaikan masalah-masalah secara mandiri. Personalisasi konten pembelajaran berdasarkan analisa data kebiasaan aktivitas belajar siswa memberikan efek yang signifikan terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Hasil penelitian melalui survey dan indept interview terhadap guru diperoleh 87,3 % responden mengatakan penting setiap pembelajaran menyusun Lesson plan. Selanjutnya 74 %  responden mengatakan bahwa dalam penyusunan Lesson Plan penting disesuaikan dengan profil siswa. dan 93,6% responden setuju  bahwa setiap anak memiliki profil dan gaya belajar yang berbeda-beda. Profil siswa dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi terhadap kebiasaan yang dilakukan anak setiap hari. Selain profil siswa berdasarkan teori kecerdasan majemuk, hal lain yang dibutuhkan oleh guru sebagai referensi penyusunan lesson plan diantaranya latar belakang keluarga siswa, hasil pembelajaran sebelumnya, Hobi, portofolio dan gaya belajar siswa. Melalui proses observasi kegiatan harian siswa akan didapatkan profil siswa berdasarkan teori kecerdasan majemuk, selanjutnya  dengan metode klustering dapat dilihat profil kelompok siswa yang selanjutnya menjadi acuan penyusunan Lesson Plan

Keywords


Kecerdasan majemuk, Model Pembelajaran, Profil siswa, Klustering, Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


Amstrong, T. (2002). Sekolah Para Juara. Bandung: Kaifa.

Chatib, M. (2011). Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa.

Deperindag, D. P. R. I. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025: Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2015 (2009).

Munandar, U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah-Petunjuk bagi para Guru dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Setiawati, F. A. (2008). Pengembangan alat ukur Multiple Intelligences berbasis komputer suatu model penelusuran minat dan bakat siswa SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan UNY., 38(1).




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v2i1.294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Web
Analytics Visitor Stats

JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License